Hiiiii, I'm back!
Setelah kurang lebih hampir 1 tahun setelah menulis pengalaman ngelamar di Shopee ( Psikotest dan Interview di Shopee International Indonesia, PT ( Edisi Pandemic ) - L2 Customer Operation ), akhirnya hari ini gue memutuskan untuk bercerita kembal. Lol, maaf kelamaan update. Karena gue keasikan kayaknya kerja di Shopee :)) wkwk **sombong amat ya.
Btw, bulan ini tepat 10 bulan gue join di Shopee sebagai Agent L2 Logistic. But, sebelum gue lanjut cerita gue mau say sorry sama semua reader yang comment di blog sebelumnya karena semua komentarnya gak gue bales. Tapi asli gue bener-bener baru baca malem ini wkwkwk.
Tapi, semoga gue bisa rangkum semua pertanyaan kalian semua disini ya:
1. Jobdesc L2 C-Ops apa aja?
2. Interview nya Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia?
3. Pakai hijab boleh?
4. Jarak semua test sampai offering
Oke itu beberapa pertanyaan yang banyak banget ditanya hehe. Gue akan jawab dari pertanyaan 2, 3 dan 4 ya.
2. Interview based on my experience itu pakai Bahasa Indonesia ya, dan santai banget. Jadi, jangan takut. Tetap do the best! Walau santai, tapi kalian ga boleh nyepelein. Tapi jangan juga jadi tegang, relax aja. Pede is number one.
3. Hijab? Of course its not a problem. Memang masih banyak perusahaan yang mempermasalahkan hijab ini untuk pekerjaan. But, di Shopee engga termasuk dari kategori perusahaan tersebut kok. Asal jangan pake bikini ya :') hehe canda bikini.
4. Jarak semua test bisa kalian perhatiin di blog aku sebelumnya yaaa, disitu kalau kalian baca betul-betul aku selalu cantumin tanggal Shopee kirim email ya. Jadi, don't ask me question yang pertanyaannya sudah bisa kalian baca sendiri di detail tulisanku. Yuk, budayakan membaca!
***
Lanjut ya narasi blog yang akan jadi random ini wkwk.
Oke guys, jadi gue join di Shopee itu pertanggal 7 September 2020. Yang artinya sebentar lagi gue udah mau 1 tahun jadi Shopee Team! Yeay, how lucky me! Dan bener-bener kayak bulan keberuntungan gitu dah nih September 2020. Karena disisi lain, gue juga mengakhiri ke-galauan juga ke-patah-hatian gue. Karena akhirnya gue memberanikan diri jatuh cinta lagi sama orang baru. Orang baru kali ini bener-bener not in my expectation, karena yaaa ga pernah kepikiran aja untuk jatuh cinta lagi wkwkwk. But, ini bukan cerita yang mau gue ceritain disini wkwk maap ini hanya selingan aja membagi kebahagiaan gue ke kalian. Lol
Dilanjut yaaa, jadi sebelum join, gue di tugaskan untuk mengambil dulu seperangkat alat kerja dibayar tunai. Sah? Sah~ wkwk. Yes! Kali ini karena masanya masih pandemic, of course kerjanya WFH. Work From Heart. Jiakh, tangmentang lagi kasmaran gitu.
Seperangkat alat kerjanya apa aja tuh?
- Laptop
- Lanyard
- Access Card
- Kaos Sopi yang oren-oren gitu
Wuidih, setelah dapat itu semua artinya "Welcome to Orange Blood". Begitulah kata Trainer gue kala itu. Oiya mongomong, trainer itu adalah orang yang nantinya ngebimbing kita pas onboard pertama kali, sebelum kalian flooring (alias mulai kerja beneran). Nantinya kalian dikasih taulah dalemannya Shopee sampe nanti kalian di kasih tau kalian akan masuk ke divisi apa. Jujur disini seru dan have fun banget. Karena asli deh, trainer Shopee tuh asik-asik. Gak cuma trainer nya sih, tapi seluruh karyawannya bener-bener like family.
Nah disini nih baru mau masuk point yang banyak dipertanyakan. Jobdesc nya apa? Jadi guys, kalau kalian pas ngelamar dan interview ternyata sama kayak gue masuknya ke L2 C-Ops. Artinya kalian akan meng-handling case by email. (nanti akan mengalir ya penjelasan detailnya).
Then, L2 Others tuh akan dipecah lagi guys. Ada L2-Product (Handling case yang berkaitan dengan produk-produk yang seller shopee jual tentunya). Ada L2-Dispute (Handling case judging, ini kalau ada semacam retur produk, antara seller dan buyer nanti akan ada si juri buat nentuin siapa nih yang akan menang. Mudahnya sih gitu hehe). Ada L2-Fraud (Handling case semisalnya ada penipu baik seller atau buyer, atau ternyata ada user yang curang gitu lah pokoknya). Ada L2-Freeshipping (Handling case yang berkaitan dengan ongkos kirim misalnya yang diterima seller gak sesuai, atau ada yang dropship dan minta klaim ongkir. Nah ini urusannya si Freeshipping). Ada L2-Logistic (Handling case pengiriman telat, ubah status karena dropship, cek status jasa kirim, alamat seller x jasa kirim, dan banyak case lainnya). Dan L2 L2 lainnya. Yang pastinya banyak banget guys.
Terus, lo masuk L2 apa, Chin? Read the title of this blog, sayang. Hehe, iya gue Logistic masuknya.
Susah gak? Setiap pekerjaan ada plus minusnya ya. Tapi sejauh ini gue enjoy aja. Kalau gak enjoy gue udah resign kali. Wkwk
Susahnya apa? Gampangnya apa?
Oke, cerita dari yang susahnya dulu ya..
Susahnya adalah, karena Logistic berkaitan sama pengiriman barang dari seller to buyer. Jadi banyak banget otomatis yang complain. Ya, mungkin kalian pernah ngerasain "Ih, pengirimannya lama banget deh" "Ih, kok disini-sini aja nih paket, ga sampe-sampe" "Ih, kok pesanan gue tiba-tiba dibatalin sih?" wkwk ya itu baru beberapa dari sekian banyaknya complain yang mendarat di bucket ticket nya logistic.
Setiap orang itu beda-beda, ada yang sabar, ada yang engga. Ada yang ngegas ada yang engga.
Ada yang sampe caci maki? Ada banyak. Emosi? Sudah pasti. Tapi untungnya cuma lewat email, jadi masih enak dong, yakan?
Hard complain? Banyak. Apalagi kalau ada yang pesanannya terbatalkan, tapi misalnya paketnya udah dikirim bahkan udah sampe ke pembeli. Solusinya? Teliti dulu, analisa dulu case nya seperti apa. Kadang, user complain belum tentu sesuai sama faktanya. Jadi cari solusi yang sesuai sama kendalanya dia, cari kata-kata yang mudah dimengerti, dan kalau bisa clear dalam satu email dan jadinya gak usah tektokan email sama user. Caranya gimana? By your experience, belajar. Lama-lama juga lo terbiasa sendiri sama alur pengerjaannya kayak apa.
Dan karena Shopee itu "We Run, We Addapt", kadang-kadang bikin gue melongok sama perubahan cara kerjanya yang cepet banget. Tapi, we must survive. Ini malah jadi seru, karena lo ditantang untuk terus mengikuti perkembangan. Dan ini bagus karena ga stagnan dan diam ditempat. Tapi ngos-ngosan juga kadang hari ini begini, besok udah berubah. Gitu. Wkwk tapi jalanin aja, toh kan semua berproses, semua belajar, dan semua bisa terbiasa.
Mudahnya apa? Ya karena walaupun Shopee cepet banget berkembangnya, tapi Shopee selalu support semua itu untuk mempermudah pembelajarannya buat kita. Contohnya? Untuk handle case di email, udah dikasih kayak sejenis template, jadi kadang lo cuma butuh improve dikit aja untuk handling case nya. Sisanya? Lo tinggal copast aja, tapi ya copast nya yang pas. Tetep sesuain sama case nya tuh apa. Kendala user tuh apa, yang dia butuhin tuh apa. Gitu.
Belum lagi punya senior dan atasan yang juga support. Lo ga tau cara handle case nya gimana? Lo udah di sedian group chat yang isinya seluruh divisi lo, beserta atasan lo. Gunanya apa tuh group? Ya buat nanya ke atasan lo cara handling case yang lo ga bisa itu kayak gimana. Oh ya, kita sebut atasan kita itu (Associate or Asso). Pokoknya ga perlu takut, karena mereka bener-bener mengayomi dan baik-baik banget! Hehe.
Di Logistic banyak sekali waktu overtime. Ini cocok banget untuk waktunya ngumpulin pundi-pundi rupiah wkwkw. Apalagi menjelang 9.9 sampai 12.12. Siap-siap koyo ya! Karena pegel aseli, sekali overtime tiket handling itu 125 dari tiket normal 90. ;p
***
Itu kira-kira jobdesc nya guys. Terus jobdesc divisi lain gimana? Misal, L1? L1 itu khusus Agent Chat Shopee ya (kalo ga tau, di aplikasi Shopee tuh ada yang namanya Chat with Shopee) nah mereka adalah garda depannya handling case, sebelum case-case itu masuk jadi email dan ditangani sama L2. Ngerti gak? Wkwk
Terus ada juga L3, ini diatasnya L2. Tapi jujur, gue belum begitu tau untuk jobdesc L3 ini apa. Tapi yang jelas, otomatis jobdesc mereka mungkin 1 tingkat diatas jobdesc si L2.
Bedanya Customer Operation sama CS Premium apa? CS Premium itu handling case untuk user-user platinum ya. Selebihnya, gue juga ga tau jobdescnya gimana. Mungkin ga jauh bedalah ya sama C-Ops biasa. Wkwkwk.
Masa kerja di Shopee gimana?
3+6 soon Kartap.
Jadi, pertama lo akan masuk masa probition 3 bulan. Setelah itu akan lanjut 6 bulan Kontrak kerja kedua. Setelah itu lo akan di promosiin jadi kartap alias Karyawan Tetap.
Caranya gimana sih?
Gampang kok, asal lo ga macem-macem selama kerja. Ga ada masalah apapun. Inshaa Allah lo aman.
Tapi, gue masih blepotan ngerjain case nya, gimana?
Haha gue juga masih blepotan di beberapa case sampe sekarang. Tapi gapapa, semua berproses. Tetep belajar dari kesalahan, dan kalau bisa di kemudian hari itu ga jadi kesalahan lagi. Intinya, tetep berjuang dengan banyak belajar ya!
Lo udah kartap?
Alhamdulillah udah guys, udah 1 bulan nih jadi Kartap. Wkwk
Ada benefit apa aja?
3 bulan awal, sallary akan sesuai dengan offering awal ketika lo dinyatakan lolos jadi bagian dari Shopee Team ya! Pesannya sih, kalau bisa jangan ada izin ya selama probition ini hehe. Dan lo juga bisa claim internet saat WFH dengan maksimal claim 400rb. Asik kan di fasilitasin? BPJS itu udah pasti ada yaaa, tenang aja!
6 bulan berikut, lo akan dapet cuti yang udah bisa di pergunain. Jadi kalau lo mau leha-leha karena lagi bosen banget kerja. Yaudah, cuti aja! Karena jatah cutinya lumayan banyak, ditambah sekarang ada birthday leave dimana saat bulan kelahiran lo tiba, lo boleh ajuin cuti 1 hari bebas ditanggal berapa aja asal masih di bulan kelahiran lo ya.
Saat Kartap, akan ditambah benefit asuransi FWD lho. Dan ada kenaikan gaji juga sesuai dengan tingkat pekerjaan lo ya. Makanya harus semangat kerja juga nih gue, biar bisa naik gaji yagak wkwkw :))
Dan di 1 tahun, lo bisa di promosiin! Ga usah takut masalah jenjang karir! Di Shopee pokoknya the best!
Btw, ada tambahan kalau lagi ada event like 9.9 10.10 11.11 12.12 biasanya suka dikirimin hampers sama Shopee ;p bener-bener menyejahterakan karyawannya lah pokoknya wkwk. Plus kalau kalian WFO, di kantor banyak banget cemilan gengs di tea point. Dapet makan siang juga. Jadi jangan khawatir kelaperan ;p
Oh ya, masalah jam kerja ya. Untuk Shifting, 09.30 - 18.30 kalau overtime sampai 20.30 ya. Untuk Shift II kalau ga salah 14.00 - 22.00 deh, Tapi perlu di catat yaaa, Shift II berlaku untuk kaum pria aja. Kalau perempuan tetap 1 shift yaaa. Dan untuk yang Shift II pastinya akan ada uang shift! Dan berhubung C-Ops itu masuknya shifting, jadi hari kerjanya bukan office hour ya, tapi tetap 2 hari libur dalam 1 minggu. Tapi liburnya ga menentu, kadang 2 hari berturut-turut, kadang engga. Tapi ga usah khawatir, karena tetep enak kok jadwal liburnya. Tetep akan ada aja tuh jadwal libur sabtu minggu ;p tapi semua itu tergantung schedule yang udah ditentuin ya. Ada urgent? Bisa request libur ya, tapi balik lagi ke Assonya masing-masing kasih ketentuannya sepeti apa.
Mungkin itu aja deh yang bisa gue sharing kali ini. Kalau ada pertanyaan boleh banget, monggo ditanya aja ya! Mungkin comment akan jarang banget gue baca. Kalian bisa dm linked-in gue ya di Chintya Desviani.
Buhbyee, mwah!
Congratulation kak, inspirasi bgt. Aku baru aja dpt undangan psikotest online xixi semoga berhasil spt kk ;) sehat dan sukses sll yaa
ReplyDeleteHalo kak, mau nanya jarak waktunya dari kakak apply sampai diundang psikotest berapa hari atau bulan kak? Terima kasih sebelumnya.
DeleteSelamat ya kak.. semoga rejekinya nular.. aq kmrn dapet undangan psikotes untuk hari ini.. semoga lancar dan bisa lolos ke tahap berikutnya.. amin
ReplyDeleteMenginspirasi banget, mudah2an kita semua selalu diberikan kelancaran ya. Doain smoga saya dipanggil untuk interview karna kemaren baru aja psikotest��
ReplyDeleteUntuk L2 logistics bisa dpt wfh ga kak kerjanya?
ReplyDeleteKa aku mau sosmed IG kaka. Aku juga baru lolos L2 Logistic. Mau tanya tanya kak
ReplyDeleteaaa seneng banget baca blog kaka, jujurly aku mampir kesini karena nyari info tentang tes shopee, dan ketemu blog kakak rasanya seneng banget, jadi ngerasa agak tenang mo test shopee, serasa kek diajak ngobrol sama temen 🥰
ReplyDeleteBtw thanks banget ya kak, udah mau sharing pengalaman kakak, semoga sehat selalu dan bahagia selalu kak, wish you luck for everything ❤️❤️
Oiya doain ya man teman, lusa aku juga mo psikotest di shopee juga, wish me luck as kak Chintya yaa, wish you luck juga buat teman teman yang mau ikut rekrutmen di shopee ❤️❤️
See yaa man teman 🥰